Rabu, 16 Maret 2011

Membangun jaringan LAN menggunakan Windows Networking ( Praktikum 1)


Membangun jaringan LAN menggunakan Windows Networking

I     DASAR TEORI

LAN adalah Local Area Network (LAN), merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran sampai beberapa kilometer. LAN seringkali digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan workstation dalam kantor suatu perusahaan atau pabrik-pabrik untuk memakai bersama sumberdaya (resouce, misalnya printer) dan saling bertukar informasi.
Internet adalah Kumpulan jaringan yang terinterkoneksi baik perangkat keras maupun perangkat lunaknya. sebuah mesin yang disebut gateway guna melakukan hubungan dan melaksanakan terjemahan yang diperlukan.


Local Area Network (LAN)

Local Area Network (LAN), merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran sampai beberapa kilometer. LAN seringkali digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan workstation dalam kantor suatu perusahaan atau pabrik-pabrik untuk memakai bersama sumberdaya (resouce, misalnya printer) dan saling bertukar informasi.
Topologi adalah suatu cara menghubungkan komputer yang satu dengan komputer lainnya sehingga membentuk jaringan. Cara yang saat ini banyak digunakan adalah bus,
ring, star. Masing-masing topologi ini mempunyai ciri khas, dengan kelebihan dan
kekurangannya sendiri.Setiap topologi memiliki karakteristik yang berdeda-beda dan
masing-masing juga memiliki keuntungan dan kerugian.

1. Topologi BUS
Pada topologi bus biasanya menggunakan kabel koaksial. Seluruh jaringan biasanya merupakan satu saluran kabel yang kedua ujungnya diterminasi dengan alat berupa Terminator.

Keuntungan

• Hemat kabel
• Layout kabel sederhana
• Mudah dikembangka

2. Topologi RING

Metode ring (sering disebut ring saja) adalah cara menghubungkan komputer sehingga berbentuk ring (lingkaran). Setiap simpul mempunyai tingkatan yang sama. Jaringan akan disebut sebagai loop, data dikirimkan kesetiap simpul dan setiap informasi yang diterima simpul diperiksa alamatnya apakah data itu untuknya atau bukan.Pada topologi ini kabel yang digunakan akan membentuk lingkaran tertutup sehingga mengesankan cincin tanpa ujung. Secara umum layout topologi ring juga relatif sederhana.

Keuntungan
• Hemat Kabel


Kerugian
• Peka kesalahan
• Pengembangan jaringan lebih kaku
3. Topologi STAR
Kontrol terpusat, semua link harus melewati pusat yang menyalurkan data tersebut kesemua simpul atau client yang dipilihnya. Simpul pusat dinamakan stasium primer atau server dan lainnya dinamakan stasiun sekunder atau client server. Setelah hubungan jaringan dimulai oleh server maka setiap client server sewaktu-waktu
dapat menggunakan hubungan jaringan tersebut tanpa menunggu perintah dari server.
pada jaringan akan berkomunikasi melalui sebuah pusat atau konsentrator. Aliran data setiap node akan menuju konsentrator (HUB) terlebih dahulu sebelum ke node tujuan.
Dengan menggunakan topologi jenis ini maka jaringan mudah dikembangkan dengan menarik kabel ke konsentrator/node pusat.


II.  PERSIAPAN
Alat Dan Bahan :          

1. Laptop 23 Unit
                                     
 2. Switch 3 Unit



                                   
3. Kabel UTP 23 Unit



III. LANGKAH PERCOBAAN


1.     Hidupkan laptop dan switch
2.      Sambungkan kabel UTP dengan laptop dan switch
3.      Kemudian hubungkan antar switch yang ada, sehingga antar switch dapat terkoneksi.
4.   . Setting IP address dan Subnet Mask masing-masing laptop . Caranya, buka Control Panel -> Network and Internet -> Network Connections -> Local Area Connection -> Local Area Connection Properties -> Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) Properties -> Use The Following IP address. Kemudian isi IP address dan subnet mask dengan alamat yang telah ditentukan sebelumnya(IP Address tidak boleh sama)
5.      Buka Command Prompt, kemudian Lakukan ping untuk meng-connect kan dengan laptop-laptop yang lain, dengan cara memasukkan alamat IP laptop lain tersebut.
6.      6.Perhatikan apakah ping yang anda lakukan, apakah berhasil atau tidak. Jika berhasil, maka IP yang kita ping akan me-reply.

IV. HASIL PENGAMATAN






Tidak ada komentar:

Posting Komentar